Wednesday, February 2, 2022

Sad Reality of Being a "Streamer Guy"

Kurang niat apa gw? Streamer baru dan kecil, tapi design udah niat begini

Hello everyone! Damn it feels good to be back. I really love blogging. Pada hari ini saya mau sedikit bercerita tentang, well dari judul kalian udah tau lmao. Jadi gw belakangan ini mulai mencoba nge-stream di Twitch, gw rasa banyak dari kalian yang udah tau Twitch itu apa. Buat yg belum tau, well lets say Twitch ini kayak Nimo nya luar negeri yg udah ada dari dulu dan dipake oleh banyak orang dari dulu juga.

First stream gw terjadi pada tanggal December 6, 2021 jadi pada saat postingan ini ditulis, itu berarti karir gw menjadi streamer di Twitch akan menjadi 3 bulan (pas tanggal 6 Maret nanti). Dan kenapa sih mulai stream di Twitch? cerita sedikit, awal mula gw stream di Twitch adalah jujur mencari peluang baru karena di Youtube, bisa dibilang, I'm almost "Done".

Nah kalo kalian penasaran dengan apa yg terjadi dengan YouTube gw sampai gw memutuskan streaming di Twitch, kalian bisa baca post gw yg ini "First Time Streaming on Twitch! And What Happened to My YouTube".

Okeh jika kalian baca sampai sini, kalian gokil, karena pembuka diatas cukup panjang lmao. Sekarang balik ke topik sesuai judul, yes streaming di Twitch. Selama gw streaming di Twitch, gw banyak banget melakukan penelitian, well maklum namanya lulusan jurusan bisnis, mau mulai bisnis dan pas jalanin pasti banyak research dong, dan itu juga yg gw lakukan pas mau jadi streamer.

Nah selama hampir 3 bulan streaming, penonton gw paling setiap hari, ada 5, 7, kalo lagi rame ya bisa mentok 10. Ya maklum memang streamer kecil gw ini. Cuma kadang gw heran apa yg bikin gw ini slow sekali perkembangannya.

Setelah gw meneliti lebih jauh, jadi apa sih yg salah? apakah ini karena konten gw? atau cara gw ngomong? atau karena equipment gw kurang? atau karena jadwal stream gw yg dini hari yg bikin orang gak sanggup nonton? well ternyata bukan karena hal yg ada diatas ini.

Orang-orang yg nonton gw, meskipun jumlah nya paling banyak 10, gw nanya apa yg mereka suka dari stream gw, mereka bilang gw interaktif, bikin mereka yg nonton merasa gak di kacangin, mereka bilang gw juga ramah, dan ada yg bilang mereka suka karena gw niat, ada yg bilang karena gw suka kasih tips dan trick, ada juga yg seneng karena gw orang nya cukup chill.

Nah terus apa sih yg salah yg bikin susah berkembang? ternyata gw nemu jawabannya, simple banget dan gw yakin kalian gak terpikir, tapi jadi ngerti, yaitu karena gw cowo. YES karena gw cowo.... gw udah survei cukup banyak streamer, hampir semua streamer cowo, mayoritas penontonnya tuh kayak cuma 10, 20, 45 lah mentok, bahkan gw pernah liat streamer cowo dengan followers 1.000 dan 3.000 tapi yg nonton cuma 20 dan 40. 

TAPI kalo streamer cewe, yg nonton bisa 20, 40-60. Mau itu streamer baru, streamer kecil, ada yg gw liat followers nya baru 200 tapi yg nonton bisa 25an. Yes.... ini serius hasil penelitian gw, dan ini yg dinamakan emotional damage *banting sendal*.

Gw liat banyak banget streamer cowo yg main buat fun, kontennya lucu, tapi yg nonton dikit. Ada yg pro banget mainnya jago dan gak toxic, tapi yg nonton juga dikit. TAPI kalo yg namanya streamer cewe... mau yg jago apa engga, mau yg lucu apa engga, mau yg ramah ato judes, penonton selalu lebih banyak...

Gw tidak menyalahkan streamer-streamer cewe ya, karena mereka sama seperti gw yg streamer cowo, yg kita lakukan cuma bikin konten dan streaming, ini bukan salah mereka sama sekali. DAN gw juga gak menyalahkan penonton, karena gw tau juga melihat cewe-cewe lebih menarik daripada melihat gw yg cowo gitu. Jadi gw ngerti sih cuma ya sedih aja kadang lihatnya.

Nah udah sih, gw cuma kasih tau aja kenapa sih susah banget jadi streamer cowo di Indonesia ini. GAK PERCAYA? kalian gak pernah bertanya-tanya kenapa tim esport sekarang semua Brand Ambassador atau Content Creator nya cewe semua?. Bahkan si BA atau CC dari tim esport ini lebih terkenal dari pada pro player yang ada di tim itu sendiri KOCAK.

Ada juga sih streamer cowo yg sukses punya penonton ratusan mau itu di Twitch atau YouTube, cuma populasi mereka sedikit banget, sementara kalo streamer cewe yg sukses itu banyak banget. Mengsedih kadang saya lihatnya.

Well sekian edisi curhat saya hari ini, deep down kalian pasti ngerti dengan apa yg gw omongin, meskipun readers cowo yg baca ini MUNGKIN banyak yg akan gak seneng HAHAHA. Tapi ya mau gimana lagi, gw emg orang nya terlalu jujur.

I'm not mean, rude, or sarcastic, just brutally honest. Thankyou for reading! peace.

No comments:

Post a Comment