Sunday, September 11, 2022

Leaving The Twitch Affiliate Program, Thankyou for The Support Guys

Sebagai small streamer, kurang niat apa sih gw untuk mendesign Twitch gw :)

Hello guys, it's me again. Jadi sesuai judul yg kalian baca, yes ini beneran bukan prank, gw akan keluar dari Affiliate programnya Twitch setelah 6 bulan join Twitch Affiliate program ini. Mungkin banyak yg akan bertanya seperti "Loh udah bagus affiliate kok malah keluar? Orang lain tuh justru mau affiliate" jadi gw akan menjelaskan kenapa disini.

Gw join Twitch affiliate program ini pada tanggal 11 April 2022, tepat ketika gw lagi ulang tahun yg ke 25, dan sekarang ketika gw ketik post ini (11 September 2022) gw memutuskan untuk keluar dari affiliate program ini. Alasannya simple, karena gw gak melihat manfaatnya dan gw merasa itu hal bodoh untuk dilakukan. Makin aneh? yeah okay let me explain why.

Alasan pertama :
Sebelum gw join Twitch affiliate, gw udah bilang ke viewers gw kalo gw gak akan join affiliate, karena ketika gw join affiliate, stream gw akan dipenuhi iklan dimana orang-orang pada umumnya akan males ketika melihat iklan ini. Gw sendiri juga jujur aja kalo buka Youtube atau Twitch, dan yg keluar pertama kali adalah iklan, gw akan ganti video lain atau content creator lain yg gak ada iklannya. Karena iklan itu annoying banget.

TAPI gw berubah pikiran karena banyak sekali viewers yg menyemangati gw dan bilang kalo mereka akan subscribe juga supaya mereka bisa nonton tanpa iklan tersebut. Dan di bulan pertama gw affiliate, gw mendapatkan 10 subscribers, dimana menurut gw untuk small streamer hasil ini udah lumayan banget. Permasalahannya gak semua subscribe dan yg gak subscribe ngeluh seperti "Bang kok sekarang ada iklannya sih" dan lainnya.

Singkat cerita pandemi mereda, orang-orang mulai masuk sekolah, kuliah, dan mulai masuk kantor. Viewers gw menurun dan subscribers gw juga menurun tiap bulan. DAN kesempatan gw mencari viewers baru berkurang karena ketika ada "Orang Baru" melihat channel gw, mereka yg awalnya tertarik justru malah pergi karena mereka gak mau menunggu iklan ini. 

Ibarat kata seperti "Ya ampun mau kenalan aja disuruh antri nunggu" jadi orang malah pergi gitu. Ini adalah hal utama yg bikin awalnya gw gak mau affiliate, dan sekarang ini juga yg menjadi alasan kenapa gw memutuskan untuk keluar dari affiliate program. 

Alasan kedua :
SELAIN ITU, alasan lainnya adalah karena gw ingin mencoba untuk stream di platform lain (karena kalo udah affiliate di Twitch, lu gak boleh stream di platform lain). Sementara platform streaming lainnya udah berkembang, seperti Facebook gaming, YouTube bahkan Tiktok, dimana mereka juga pasti punya audience sendiri yang berbeda minat, jadi ini merupakan peluang untuk dapet viewers juga.

Sebelum join Twitch, gw sendiri udah tahunan buat konten di YouTube dan stream disana juga, tapi dulu YouTube bukan platform terbaik untuk streaming, dan mayoritas penonton untuk gaming nya itu bocil backseat, mayoritas ya, gak semua, dan gw tau karena gw udah sering banget live stream di Youtube dulu. Ya siapa tau sekarang para bocil backseat itu udah dewasa dan berubah ya kan.

Alasan ketiga :
Dan alasan ketiga yg menjadi penentu gw untuk bener-bener keluar dari Twitch affiliate program adalah, well kalo kalian follow gw di Twitter mungkin kalian udah tau karena gw sering tweet soal masalah ini, atau jika kalian baca postingan gw yang Sad Reality of Being a  Streamer "Guy" pasti kalian juga udah tau apa permasalahan yg dihadapi small streamer Twitch di Indonesia. 

Yes karena community Twitch di Indonesia untuk small streamer itu kurang bagus. Penonton / pengguna Twitch di Indonesia yg nonton small streamer itu mayoritas cowo, dan mereka mayoritas cuma mau support streamer cewe :)) I get it, mayoritas dari mereka mau cuci mata, but it's not fair. SEKALI LAGI gw bilang mayoritas ya, bukan semua seperti itu.

Gw merasa gw udah bekerja keras sama seperti mereka, gw memberikan yg terbaik sama seperti mereka, so I think I deserve the same amount of support from these guys. Gw pernah denger dan baca ada salah satu viewer cowo di stream streamer lain bilang begini "Good stream design, good content, and good personality will attract viewers" oh ya so apparantly hanya streamer cewe yg punya good stream design, good content, and good personality eh? lmao.

Jokes aside, untuk small streamer, gw merasa gw udah sangat niat, gw design about panel gw sendiri pake Photoshop, apakah gw buat content yg bagus? I do believe so, meskipun gak sejago pro player, dan gak sekocak pelawak. Gw juga bahkan menggunakan 2 PC Stream Setup supaya hasil streaming nya lebih jernih untuk ditonton. 

Sekali lagi, gw tidak menjelekan streamer cewe karena mereka juga bikin konten dan cari viewers seperti gw, yang gw sayangkan adalah mayoritas pengguna atau viewers twitch di Indonesia yg support small streamer adalah cowo dan mereka cuma mau support streamer cewe. DAN sekali lagi gw tegaskan "Mayoritas Cowo" loh ya, gak semua kayak gitu. Karena gw punya viewers juga kebanyakan cowo dan ini menunjukan gak semua viewers cowo hanya support streamer cewe, TAPI mayoritas begitu.

Gw sendiri jujur aja, gw tidak menonton streamer dari Indonesia, gw hanya nonton Official Broadcast seperti CS:GO Pro League, atau VCT Valorant. Jika gw nonton non-official broadcast alias streamer biasa, gw hanya menonton streamer cowo seperti Tarik, Shroud dan KennyS dimana mereka mantan pro player csgo, dan gw nonton Ninja dan Tfue karena mereka pro player Fortnite. Jadi gw merupakan orang yg nonton karena konten, bukan gender.

Apakah gw tidak pernah nonton small streamer? pernah, maupun itu cowo ataupun cewe dan itu hanya sekedar untuk say Hi karena mereka support stream gw, jadi gw "mampir" balik ke stream mereka untuk support balik dengan say Hi doang abis itu lurk alias afk jadi stream nya gw tinggal, jadi gw bisa dibilang bukan nonton.

Dan dengan keluarnya gw dari program Twitch Affiliate ini, gw mau mencoba untuk kembali streaming di YouTube. Ya sebelum ke Twitch, gw itu udah tahunan bikin konten di YouTube dan pengguna YouTube kebanyakan itu bocil yg suka "Kok begini sih bang, harusnya mainnya begini bang" lol tapi at this point gw lebih memilih ditonton bocil dan di backseat sama mereka pas main game, paling engga mereka nonton karena game atau konten nya, bukan karena gender nya.

So thats it guys, terima kasih untuk support nya, gw menghargai semua jenis support yg diberikan, dan keputusan gw keluar dari program affiliate ini juga karena subs dari kalian udah mau abis jadi kalian tidak rugi kok. Terima kasih telah membaca postingan curhat ini! see you and peace.

No comments: