Sunday, December 19, 2021

First Time Streaming on Twitch! And What Happened To My YouTube


Halo semua! Well kalian udah gak kaget pasti dengan yg may gw bahas karena dari judulnya udah ketauan juga, and yes I FINALLY STREAM di Twitch. Kalian bisa cek channel Twitch gw di https://www.twitch.tv/pixlfps ya.

Gw udah lama banget jadi pengguna Twitch dan nonton stream orang tapi gw sendiri gak pernah stream menggunakan Twitch. Padahal gw itu suka buat konten di YouTube dan kadang streaming juga di YouTube. Lah terus kenapa memutuskan sekarang baru stream di Twitch?

Okeh jadi first stream gw terjadi pada tanggal December 6, 2021, kenapa sih mulai stream di Twitch? cerita sedikit, ini serius nih, jadi awal mula gw stream di Twitch adalah jujur mencari peluang baru karena di Youtube, bisa dibilang, I'm almost "Done". 2 minggu sebelum stream, gw mencoba untuk design tampilan profil Twitch gw supaya pas mau streaming tuh udah ready semua. Dan jujur sehari sebelum gw mulai stream itu gw lagi down banget melihat YouTube gw.

Gw punya YouTube channel dengan nama Gresandy Aulia, dan hasilnya cukup sukses pada masa nya, dan pendapatannya lumayan, sampe gw bisa nabung banyak, bisa beli ini itu, bisa bayar uang kuliah sendiri selama 4 Tahun. Ada juga partnership yg ditawarkan sama gw, contohnya adalah Gemscool dan Unipin. Jadi bisa dibilang ini adalah masa-masa emas gw, dan sampe akhirnya mencapai 100.000 Subscribers dan juga dapet Silver Play Button.

Cuma everything went downhill after that, gw diwajibkan magang oleh kampus gw, yes jadi BINUS punya wajib magang, udah kayak wajib militer aja, dan gw harus magang. Jika ini gak wajib, tentu gw gak akan ikut, masalahnya ini wajib, dan harus 10 bulan, ini juga menjadi syarat untuk bisa skripsi. Jadi selama 10 bulan gw sulit buat bikin video. magang aja udah dari jam 8 pagi - 5 sore, belum kadang gw lembur, karena pas magang gw diperlakukan kayak karyawan tetap.

Well bukan hal buruk sih kalo magang dianggep kayak karyawan tetap karena gw dapet ilmu banyak, bahkan sampe pas gw libur lebaran dan balik ke Bangka aja gw masih di telpon sama atasan. Ditambah gw juga harus nyicil skirpsi gw, jadi 10 bulan ini bener-bener sibuk banget magang dan skripsi, dan gw juga mencoba sebaik mungkin untuk tetep bisa upload di Youtube.

Gw juga gak punya tim kan, jadi gw main ya record sendiri, hasil videonya gw edit sendiri, terus nanti gw upload sendiri, thumbnail juga edit sendiri, semua serba sendiri lah yg bikin gw jadi jarang upload, jam main berkurang dan gak setiap main dapet konten gitu kan, akhirnya malah 1 bulan sekali doang uploadnya, dan ini bikin viewers gw menurun abis.

Gak sampai disitu aja, ketika gw udah kelar magang, udah kelar skripsi, udah lulus dan wisuda, kayaknya waktu yang tepat ya untuk revive YouTube gw? tapi sayang nya Covid happened, semua artis jadi youtuber, konten para artis ini nutupin YouTube sampe yg beneran youtuber itu banyak hilang. Ditambah YouTube juga mulai sombong karena mereka 'gede' sekarang, banyak peraturan baru dan ribet, sampe pendapatan tiap bulan turun, dan juga gw kena soft banned jadi video gw susah dicari orang dan yg udah subs gw pun juga belum tentu dapet notif video gw.

Hal ini gw ketahui dari youtuber terkenal yaitu Pewdiepie, karena dia suka kena soft banned ini, cuma karena dia youtuber no 1 dunia, jadi pas dia speak up di public, ya soft banned nya dia di cabut. Kalo gw? mau gw ngomong berbusa pun gak akan dicabut, kayak, siapa gw?. Itulah kenapa gw bikin channel kedua yang nama nya PIXL fps, cuma ya mulai dari 0 sekarang susah karena udah penuh banget dengan konten artis.

Jadi dari situ gw menjalankan 2 channel, channel yg pertama dan baru, dimana gw mencoba tetep jalanin channel pertama, sambil mau kembangin channel kedua, cuma ya sekali lagi ya dengan hadirnya para artis di YouTube ya semua jadi susah banget. Sekarang creator di Youtube tuh bukan youtuber lagi tapi artis yg nge-YouTube. Dari sini lah akhirnya gw juga memutuskan untuk join TikTok dan juga bikin account Twitch untuk stream nanti.

Dan puji Tuhan dihari dimana gw stream untuk pertama kali, gw langsung dibantu dengan di raid oleh streamer lain. Jadi di raid itu kayak si streamer yg nge-raid, mengajak para viewers nya untuk dateng dan nonton stream gw. Temen-temen gw lainnya yg udah mulai streaming duluan sampe kaget karena mereka ada yg belum pernah di raid, ada yg pernah tapi jarang banget.

Itu lah kenapa mereka menganggap gw beruntung karena di hari pertama aja udah di raid, dan bukan cuma hari pertama guys! Hari kedua, ketiga, dan kelima juga gw di raid ohmygod. Gw mau bilang thankyou banget buat para streamer yg bantu raid gw, dan juga buat para viewers yg datang dan nonton dan follow gw, karena you guys give me hope banget asli. 

Temen gw sampe iri kayak "Hoki banget lu sumpah, hari pertama di raid, sampe sekarang masih suka di raid orang loh" gitu xD kadang sampe jadi gak enak lol. Well hopefully kedpannya gw bisa membalas kebaikan kalian, dan siapa tau kedepannya jika gw bisa jadi streamer yg lumayan juga, gw pengen raid balik streamer-streamer yg raid gw ini. Kita gak tau kedepannya bakal gimana sih memang cuma hopefully semua nya berjalan baik dan lancar.

Thankyou for reading guys! thankyou juga buat support nya!

No comments:

Post a Comment